Pada Hari Bumi 2008, National Institutes of Health (NIH), ~ bagian dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika, yang bertugas melakukan penelitian medis dan menemukan upaya penting untuk meningkatkan kesehatan dan menyelamatkan kehidupan ~ dalam situs resminya menghadirkan tanaman misterius untuk ditebak para pengujungnya. Hal tersebut merupakan tradisinya dalam merayakan hari bumi.

Selain memajang fotonya, NIH pun menyebutkan ciri-ciri dari tanaman misterius itu. Disebutkan bahwa dalam kontes Hari Bumi sebelumnya, tanaman misterius yang ditampilkan adalah sumber dari obat-obatan penting dan berpotensi terancam karena kerusakan habitat, over-panen, perburuan liar dan tantangan lainnya yang berasal dari aktivitas manusia. Tanaman misteri tahun ini juga memiliki sifat obat penting tetapi tidak terancam. Bahkan, mungkin tidak seperti spesies tunggal lainnya, tanaman ini memiliki potensi untuk membantu membalikkan berbagai masalah lingkungan yang besar dan menyediakan banyak kebutuhan manusia yang tidak terpenuhi.

 

Berikut adalah beberapa petunjuk NIH untuk kontestan agar dapat menebak :

  • Berbeda dengan tanaman di kontes sebelumnya yang berasal dari Afrika, ‘Tanaman Misterius’ (sebut saja TM) ini awalnya berasal dari Tamil Nadu. Tapi Anda sekarang dapat menemukan TM tumbuh di daerah tropis di dunia.
  • TM berasal dari keluarga kecil, tapi banyak dari kerabat terdekatnya memiliki batang yang sangat besar. Batang TM hanya besar ketika TM masih sangat muda, seperti pada foto di atas. Pada tahap itu TM disebut caudex a.
  • Seperti dikembangkan pada tanaman jarak (anggota keluarga lain yang jauh lebih besar), TM dapat dengan mudah tumbuh di kekeringan, tanah miskin hara, tanah yang rusak dan juga dapat membantu untuk memperbaiki kondisi tanah dilingkungannya. Biji TM juga mengandung minyak yang dapat digunakan sebagai sumber energi terbarukan. Tetapi tanaman jarak itu beracun sedang TM Tidak karena TM dapat :
  • Semua bagian tanamannya dapat dimakan. Kualitas tinggi minyak TM dapat digunakan dalam memasak dan daun TM (lihat foto) dapat dikonsumsi sebagai teh dan sebagai nutrisi pengganti bagi susu. TM adalah sumber protein dan besi -yang tidak akan Anda temukan pada tanaman lain. Berikut adalah perbandingan TM dengan tanaman sumber makanan lainnya: 7 kali vitamin C dalam jeruk, 4 kali kalsium dalam susu dan dua kali protein dalam yogurt.  Mengandung banyak Vitamin dan mineral lainnya –seperti Vitamin A hinga zinc, dan semua asam amino esensial.
  • Tumbuh di semua negara di dunia yang memiliki persentase besar penduduk kurang gizi mereka. TM bisa menyelamatkan jutaan nyawa.
  • Digunakan untuk memurnikan air tercemar, bekerja baik sebagai koagulan (untuk menghilangkan kekeruhan) dan sebagai anti-mikroba. Ekstrak dari bijinya dapat digunakan dalam skala kecil atau besar sebagai alternatif yang murah dan tersedia secara lokal untuk bahan kimia pengolahan air.
  • Digunakan sebagai obat oleh masyarakat pribumi untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 penyakit. Studi ilmiah tambahan diperlukan untuk mengkonfirmasi efektivitas penggunaanya secara tradisional.

TM dikenal oleh lebih dari 100 nama dalam bahasa yang berbeda di seluruh dunia. Kontes NIH akan menerima nama yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris atau nama ilmiah (genus dan spesies).

Dan, jawaban dari kontes menebak tanaman misterius ini adalah Moringa oleifera (bahasa latin) atau drumstick (bahasa Inggris). Tanaman misterius NIH yang memiliki sederet kelebihan itu, kita kenal dengan nama KELOR.

Institusi sekelas NIH tentu tidak asal sebut ketika menyakatan bahwa “tanaman ini memiliki potensi untuk membantu membalikkan berbagai masalah lingkungan yang besar dan menyediakan banyak kebutuhan manusia yang tidak terpenuhi” dan “Tumbuh di semua negara di dunia yang memiliki persentase besar penduduk kurang gizi. TM bisa menyelamatkan jutaan nyawa”.  Kelor memang sebuah anugrah dari alam untuk kesehatan dan kesejahteraan umat manusia.

Be Sociable, Share!