Ekstrak yang diperoleh dari daun kelor mengandung hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman yaitu hormon dari jenis cytokinine. Manfaat ekstrak Daun Kelor ini dapat digunakan dengan cara disemprotkan pada daun untuk mempercepat pertumbuhan tanaman muda. Penggunaan hormon pertumbuhan daun Kelor ini juga akan menyebabkan tanaman menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

Tanaman yang diberi perlakuan semprotan hormon pertumbuhan daun Kelor juga akan menghasilkan buah yang lebih banyak dan lebih besar, sehingga hasil panen per satuan luasnya pun lebih tinggi. Menurut Makkar dan Becker(1996), hormon pertumbuhan daun Kelor diperoleh dengan cara mengekstrak daun Kelor baik dengan cara ekstraksi tekan atau dengan menggunakan ultra-turrax dan penyaringan dari 20 g daun Kelor dalam total volume 675 ml Etanol 80 %.

Penyemprotan daun tanaman dengan ekstrak hormon pertumbuhan daun kelor menghasilkan beberapa efek yang sudah dikenal seperti, vigor lebih kuat, batang, akar, berat daun dan buah lebih besar dan kandungan kadar gula yang lebih tinggi, dll.  Ekstrak hormon pertumbuhan daun Kelor menghasilkan peningkatan secara keseluruhan dalam hasil panen antara 20 – 35 %, berdasarkan data peningkatan seperti pada diameter batang, jumlah nodul, jumlah axels, jumlah kuncup bunga, dan jumlah buah per kuncup bunga.

Tabel Pengaruh Penggunaan Hormon Daun Kelor

Be Sociable, Share!