Keberhasilan gerakan sosial swadaya masyarakat ini (lihat about) memiliki parameter yang sangat jelas dan sederhana, yaitu Pertama, tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menanam dan memanfaatkan tanaman Kelor sebagai asupan gizi hariannya, khususnya dikonsumsi oleh balita dan ibu hamil atau menyusui; dan Kedua, berkembangnya kreativitas pemanfaatan tanaman Kelor dalam kegiatan sosial ekonomi masyarakat pedesaan.

Kedua parameter tersebut hanya dapat terwujud bila masyarakat pedesaan sebagai sasaran sekaligus pelaku dari gerakan sosial Kelorina ini, dibekali pengetahuan dan kemampuan praktis tentang tanaman kelor dan penggunaannya dalam kehidupannya.  Literatur yang lebih lengkap tentang kelor, sebagian besar merupakan literatur asing yang selain berbahasa asing juga lebih banyak menggunakan bahasa-bahasa yang tidak praktis. Demikian juga dengan contoh kisah sukses Kelor sebagai tanaman ajaib yang dapat menyelamakan jutaan manusia itu, hampir tidak ada yang terjadi di Indonesia.  Sehingga hal ini menjadi kendala unik yang saya hadapi, belum lagi kendala budaya yang mempercayai bahwa Kelor memilik kekuatan magis supranatural.

Oleh karena itu, dalam kategori Catatan Kang DK ini saya ingin berbagi pengetahuan, cara pemanfaatan dan penggunaan praktis dari tanaman kelor hasil dari praktik sendiri, dalam bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti, dipahami dan dipraktikan oleh masyarakat di pedesaan.  Catatan ini meliputi budidaya tanaman Kelor, pengolahan hasil panen Kelor, penggunaan Kelor untuk pertanian, peternakan, perikanan, resep makanan dan pengobatan, serta tentu saja pengalaman lainnya yang bersifat daya dukung kebijakan dan informasi tentang tanaman kelor ini di berbagai daerah.

Harapan saya, keberhasilan ujicoba praktis yang saya lakukan dapat diterapkan oleh masyarakat luas. Demikian pula kegagalan yang saya alami, kiranya dapat menjadi cermin agar dapat dihindari oleh masyarakat yang ingin mencoba hal yang sama dengan yang saya lakukan.

Kunjungi terus website ini dan ikuti Catatan kang DK, karena pasti selalu ada yang baru didalamnya.  :)

Semoga barokah dan memberi manfaat.  Aamiin.

Be Sociable, Share!