Manusia dipastikan Tidak Bisa Hidup Tanpa Asam Amino  dan Tidak Akan Sehat bila kekurangan Asam Amino.  Namun dalam jumlah yang tepat, asam amino akan menjaga dan membangun sistem tubuh yang kuat.  Apa sesungguhnya yang dilakukan asam amino dalam tubuh kita ?

Asam amino adalah blok bangunan protein. Ibarat sebuah huruf yang berbeda dari alfabet, digunakan untuk membentuk kata-kata yang berbeda lantas menjadi sebuah bangun kalimat. Begitu pun dengan asam amino ini, asam amino yang berbeda digunakan untuk membangun protein yang berbeda pula.

Tubuh manusia mampu memproduksi hanya 12 dari 20 asam amino yang berbeda yang dibutuhkan untuk membangun protein yang digunakan untuk tumbuh, memperbaiki dan memelihara sel-sel. Delapan jenis asam amino dikenal sebagai asam amino esensial karena tubuh tidak dapat memproduksi asam amino jenis ini dan harus diberikan dalam bentuk asupan makanan, biasanya berasal dari daging merah atau produk susu.

Namun memberikan asupan asam amino tidak sesederhana kedengarannya karena sering kali makanan sehat kita justru kekurangan berbagai macam asam amino yang diperlukan tubuh.  Itulah mengapa banyak orang yang kelebihan berat badan tetapi kekurangan gizi.

Penyakit dimulai dalam sel individu

Sel dalam tubuh melakukan regenerasi setiap beberapa hari. Kulit kita benar-benar diganti setiap 27 hari dan kerangka kita diperbarui setiap dua tahun. Setiap hari miliaran sel menggantikan sel yang terbentuk sebelumnya. Setiap regenerasi harus menjadi salinan sempurna dari sel yang digantikannya. Proses regenerasi terancam oleh banyak hal seperti polusi di udara, air, dan tanah, radiasi dari matahari, stres, pilihan gaya hidup dan bahkan bahan makanan selama diproses.

Satu hal yang pasti, untuk menjadi sehat tubuh membutuhkan biomolekul kecil yang disebut asam amino. Meskipun berukuran sangat kecil, asam amino memainkan peran besar dalam nutrisi yang sehat untuk tubuh. Biomolekul yang tersedia dalam jumlah yang tepat, akan membentengi tubuh terhadap masalah kesehatan yang paling umum dan telah ditunjukkan dalam berbagai studi untuk memerangi proses penuaan.

Kelor secara alami mengandung 18 dari 20 asam amino yang dapat diserap tubuh dan benar-benar penting untuk kesehatan yang baik. Menurut farmakolog klinis, Dr Monica G. Marcu, “Asam amino paling alami diserap dari kompleks sumber makanan atau tanaman.”  Ann Hirsch, PhD, Profesor Botani di University of California, Los Angeles, mengatakan, ” Salah satu hal yang paling mengesankan saya tentang Kelor adalah fakta bahwa ia memiliki asam amino esensial lengkap yang manusia dan makhluk hidup lain membutuhkannya, ada delapan jenis asam amino yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh, jadi kita harus mendapatkannya dari makanan kita”.  Kelor merupakan salah satu dari sangat sedikit tanaman yang mengandung semua (delapan) asam amino esensial;

Kelor mengandung Semua (delapan) Asam Amino Esensial

Berikut adalah daftar lengkap alami asam amino yang ditemukan dalam Kelor dan penjelasan singkat tentang mengapa tubuh kita membutuhkan semua (delepan) asam amino esensial ini.

1. ISOLEUSIN membangun protein dan enzim dan menyediakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat komponen biokimia lain yang penting dalam tubuh Anda, beberapa di antaranya mempromosikan energi dan merangsang otak untuk membuat Anda selalu waspada.

2. LEUCINE bekerja dengan isoleusin untuk membangun protein dan enzim yang meningkatkan energi tubuh Anda dan kewaspadaan.

3. LISIN menjamin tubuh Anda menyerap kalsium dalam jumlah yang tepat. Hal ini juga membantu kolagen yang digunakan dalam tulang rawan dan jaringan ikat. Lisin membantu dalam produksi antibodi, hormon, dan enzim. Studi terbaru menunjukkan lisin meningkatkan keseimbangan nutrisi yang mengurangi pertumbuhan virus.

4. METIONIN berperan utama memasok sulfur untuk tubuh Anda. Hal ini diketahui untuk mencegah masalah rambut, kulit, dan kuku sambil menurunkan kadar kolesterol karena akan meningkatkan produksi lesitin dalam hati. Metionin mengurangi lemak hati dan melindungi ginjal yang mengurangi iritasi kandung kemih.

5. PHENYLALAINE menghasilkan bahan kimia yang diperlukan untuk mengirimkan sinyal antara sel-sel saraf dan otak Anda. Hal ini dapat membantu menjaga Anda waspada, mengurangi rasa lapar Anda, ditambah meningkatkan memori Anda dan suasana hati Anda.

6. TREONIN adalah bagian penting dari kolagen, elastin, dan protein enamel. Tidak hanya membantu metabolisme, treonin membantu mencegah tertimbunnya lemak dalam hati, meningkatkan pencernaan tubuh Anda dan saluran usus.

7. TRYPTOHYAN mendukung sistem kekebalan tubuh, meredakan insomnia, mengurangi kecemasan, depresi, dan gejala sakit kepala migrain. Hal ini juga isbeneficial dalam mengurangi risiko arteri dan kejang jantung karena bekerja dengan lisin untuk mengurangi kadar kolesterol.

8. Valin penting dalam mempromosikan pikiran yang tajam, koordinasi otot-otot, dan suasana hati yang tenang.

Kelor mengandung Sepuluh Asam Amino Non-Esensial

Asam amino non-esensial dapat diproduksi oleh tubuh dengan bantuan nutrisi yang tepat, juga ditemukan berlimpah dalam Kelor.

1. Alanin penting untuk membangun energi dalam jaringan otot, otak, dan sistem saraf pusat. Ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi antibodi. Alanin juga membantu dalam metabolisme sehat gula dan asam organik dalam tubuh.

2. Arginine telah ditunjukkan dalam studi menyebabkan pelepasan hormon pertumbuhan yang dianggap penting untuk pertumbuhan otot yang optimal dan perbaikan jaringan. Arginine juga meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap bakteri, virus, dan sel-sel tumor sementara mempromosikan penyembuhan luka tubuh Anda.

3. Asam aspartat membantu membersihkan tubuh dari amonia yang diciptakan oleh limbah selular. Ketika amonia memasuki sistem peredaran darah, dapat bertindak sebagai zat yang sangat beracun yang dapat merusak sistem saraf pusat. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa asam aspartat dapat menurunkan kelelahan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Sistin berfungsi sebagai antioksidan dan merupakan bantuan yang kuat untuk tubuh dalam melindungi terhadap radiasi dan polusi. Hal ini dapat membantu memperlambat proses penuaan, menonaktifkan radikal bebas, dan menetralkan racun. Sistin juga membantu dalam sintesis protein dan menyajikan perubahan seluler. Hal ini diperlukan untuk pembentukan sel-sel kulit baru, yang membantu dalam pemulihan dari luka bakar dan operasi bedah.

5. Asam glutamat adalah makanan bagi otak. Ini meningkatkan kapasitas mental, membantu mempercepat penyembuhan luka, mengurangi kelelahan serta menyeimbangkan gula dalam darah.

6. Glycine mempromosikan pelepasan oksigen yang dibutuhkan dalam proses pembuatan sel. Selain itu juga penting dalam pembuatan hormon yang bertanggung jawab untuk sistem kekebalan yang kuat.

7. Histidin digunakan dalam pengobatan rheumatoid arthritis, alergi, borok, dan anemia. Kurangnya histidin dapat menyebabkan lemahnya pendengaran.

8. Serine penting dalam menyimpan glukosa dalam hati dan otot. Antibodi yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Plus, mensintesis selubung asam lemak sekitar serat saraf.

9. Proline sangat penting untuk fungsi yang tepat dari sendi dan tendon, serta membantu menjaga dan memperkuat otot-otot jantung.

10. Tryrosine mengirimkan impuls saraf ke otak Anda. Ini membantu mengatasi depresi, meningkatkan memori, meningkatkan kewaspadaan mental, ditambah mempromosikan kesehatan fungsi tiroid, adrenal, dan kelenjar pituitari.

Itulah bagaimana Kelor dapat menjaga, memperbaiki dan mempertahankan kesehatan tubuh anda.

Selanjutnya : Vitamin

Be Sociable, Share!